Rabu, 19 Agustus 2015

Materi IPA : GERAK HEWAN



GERAK HEWAN
         

            Gerak pada hewan merupakan salah satu sifat dari makhluk hidup. Hewan pada umumnya bergerak dengan berbagai cara sesuai dengan habitat tempat tinggalnya. Sebagai contoh, hewan yang hidup di darat bergerak dengan cara berlari, berjalan dan merayap. Begitu juga gerak hewan di udara dengan cara terbang dan hewan di air yang bergerak dengan cara berenang.

         
GERAK HEWAN DI DARAT
                      Kecenderungan hewan yang hidup di darat adalah memiliki tulang dan otot yang kuat.  Tulang dan otot tersebut diperlukan untuk mengatasi inersia  (kecenderungan tubuh untuk diam )  dan untuk menyimpan energi pegas  (Elastisitas ) untuk melakukan berbagai aktivitas. Berikut adalah tiga contoh hewan yang bergerak di darat.
         
 
Gajah  adalah  mamalia  besar  dari familia Elephantidae  dan  ordo  Proboscidea.  Gajah  merupakan hewan herbivora yang dapat ditemui di berbagai habitat, seperti sabana, hutan,  gurun, dan rawa-rawa          ( hewan  darat). Mereka  cenderung  berada  di  dekat  air.  Ketika  dewasa,  berat  badan  seekor  gajah adalah  antara  3000-5000  kg  dan  dengan  tinggi  mencapai  2.5  m.  Selain  itu,  gajah  dapat  berlari  dengan kecepatan  25  hingga  39  km/jam.


Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah   salah  satu  dari  sepuluh  spesies  modern mamalia  dari genus Equus. Hewan herbivora  ini  telah lama  merupakan salah satu hewan  peliharaan  yang penting  secara  ekonomis  dan historis, dan  telah memegang  peranan  penting  dalam pengangkutan  orang  dan  barang  selama  ribuan  tahun.  Ketika  kuda berlari, kecepatannya  hingga  76  km/jam.  Selain  itu,  berat  kuda  ketika  dewasa  mencapai  590 kg  dan  tinggi  130  hingga  142  cm.


Harimau ( bahasa latin: Panthera tigris ) adalah hewan karnivora yang tergolong dalam filum Chordata (mempunyai saraf tulang belakang), subfilum vertebrata ( bertulang belakang ), kelas mamalia ( berdarah panas, berbulu dengan kelenjar susu ), pemakan daging karnivora, keluarga felidae kucing, genus panthera, dan tergolong dalam spesies tigris.  Harimau adalah jenis kucing terbesar dari spesiesnya, bahkan lebih besar dari singa. Selain itu, Harimau bisa berlari dengan kecepatan 60 km/jam untuk jarak pendek. Harimau memiliki berat hingga140 kg dan tinggi mencapai 60 cm.


GERAK HEWAN DI AIR
                Air memiliki kerapatan lebih besar dibandingkan udara. Air memiliki gaya angkat yang lebih besar dibandingkan udara. Tubuh hewan yang hidup di air memiliki massa jenis yang lebih kecil daripada lingkungannya. Gaya angkat air yang besar dan massa jenis hewan yang kecil menyebabkan hewan dapat melayang di dalam air dengan mengeluarkan sedikit energi.  Salah satu bentuk tubuh yang dimiliki oleh hewan di air adalah bentuk torpedo. Berikut adalah tiga contoh hewan yang bergerak di air.

 
Ikan Hiu adalah sekelompok (superodo Selachimorpha) ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap  dan tubuh yang ramping. Mereka bernapas dengan menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung pada spesiesnya) di samping, atau dimulai sedikit di belakang, kepalanya. Selain itu, hiu rata-rata memiliki panjang 1,60 cm (atau lebih) dan termasuk hewan karnivora yang memiliki berat sekitar 1,5 ton (atau lebih tergantung spesiesnya)
 
Lumba-lumba adalah mamalia laut herbivora yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Selain itu, lumba-lumba rata-rata memiliki panjang 2,7 meter dan berat  150-650 kg dan juga suka melompat-lompat indah di atas permukaan laut.
 
Salmon adalah sejenis ikan laut dari famili Salmonidae. Ikan lain yang satu famili dengan salmon adalah ikan Trout. Perbedaannya adalah pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Selain itu, ikan salmon memiliki panjang rata-rata mencapai  10-12 cm dan berat 100g.

GERAK HEWAN DI UDARA                               Tahukah kamu bagaimana cara burung terbang?  Hewan-hewan yang terbang di udara memiliki cara yang unik. Tubuh-tubuh hewan tersebut memiliki gaya angkat yang besar untuk mengimbangi gaya gravitasi. Salah satu upaya untuk memperbesar gaya angkat adalah menggunakan sayap. Tahukah kamu bentuk sayap airfoil?  Bentuk sayap airfoil adalah bentuk sayap yang membuat udara mengalir pada bagian atas lebih cepat daripada bagian bawahnya. Berikut adalah tiga contoh hewan yang bergerak di udara.
 
Elang merupakan salah satu dari hewan karnivora yang terdapat di seluruh Indonesia. Dalam Bahasa Inggris, eagle atau elang merujuk pada burung pemangsa berukuran besar dari suku Accipitridae terutama genus Aquila. Selain itu, elang memiliki berat rata-rata sekitar 9 hingga 15 kg dan memiliki panjang (kepala hingga ekor) rata-rata sekitar lebih dari 50 cm.
 
Burung Merpati (bahasa Inggris: Domestic Pigeon). Nama sainsnya ialah Columba domestica. Burung Merpati merupakan burung  herbivora yang paling dikenali dari keluarga Columbidae. Burung merpati memiliki berat sebesar 750 gram dan memiliki ukuran panjang 35 cm dengan bentang sayap 60 cm. Burung merpati sering dijadikan simbol pengantar surat pada jaman dahulu 
Kolibri adalah burung kecil dengan panjang 6,4 cm dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Seekor kolibri mempunyai sekitar seribu bulu yang bergemerlapan sehingga dapat memantulkan dan memencarkan sinar warna - warni yang dapat berubah ketika burung bergerak seperti minyak pada air. Burung Kolibri adalah burung pemakan nektar dan kecepatan mengepakkan sayapnya hampir setara dengan helikopter. Selain itu, Kolibri hanya memiliki berat sebesar 6 gram.


KESIMPULAN :
    
Gerak hewan dibagi menjadi tiga yaitu, di darat, air dan udara. Masing-masing gerak hewan memiliki keunikan tersendiri dan perbedaan yang besar.  Contohnya di darat, hewan-hewan begerak dengan berjalan maupun merayap. Sedangkan di air, hewan-hewan bergerak dengan memakai siripnya atau meliuk-liuk. Lain lagi dengan gerak hewan di udara. Hewan-hewan yang bergerak di udara menggunakan sayapnya untuk terbang untuk mengimbangi gaya gravitasi. Pada intinya, gerak-gerak hewan di darat, air dan udara tidak sama (berbeda).


0 komentar:

Posting Komentar

Translate

 

KagakuPedia Template by Ipietoon Cute Blog Design